Editing dan TV editor

Editing dan TV Director

Pada pembuatan film. Editor dan asistennya bertanggung jawab pada mekanik dan teknik proses editing menyerahkan hasilnya untuk ditentukan oleh sutradara. Mulai dari rough cut sampai final fine-cut disusun. Pada kebanyakan TV show. Sutradara mengerjakan editingnya sendiri, baik membuat keputusan secara spontan atau bekerja berdasarkan detail naskah. Bisa jadi sutradara mengoperasikan production switcher (vision mixer) sendiri. Tetapi biasanya technical director atau switcher specialist (vison mixer) mengoperasikan alat berdasarkan instruksi sutradara. Untuk prroduksi dengan multi kamera, kebanyakan dari perpindahan antar shot dilengkapi saat “on the hoof” selama original recording.

            Bagimanakah sutradara bekerja, mulai dari menentukan kamera sesuai naskah yang memuat semua transisi intershot secara terencana : mengatur editing selama gladi : atau membuat keputusan secara spontan selama taping, itu semua sangat tergantung pada tipe program.

            Menyaksikan preview gambar di monitor yang secara terus menerus memutar beragam video sources, sutradara memlilih moment yang dikehendaki, menyambungkan source yang dipilih ke dalam line ( transmisi, channel utama, studio output). Shot yang terpilih tersebut mungkin shot yang sangat sesuai dengan yang direncanakan, mendekati, atau yang dimodifikasi oleh cameramen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s