Cara Mengganti Alamat Blogspot Memakai Domain Milik Kita Sendiri

Blogger mengijinkan usernya untuk menggunakan nama domain sendiri (Custom Domain) pada alamat blognya, misalnya alamat blog saya yang lain adalah firefine.blogspot.com, diganti alamatnya  menjadi www.finetrick.com.

Diganti dengan nama domain kita sendiri tentunya dengan berbagai pertimbangan, tergantung kebutuhan. Yang pasti dengan memakai nama domain sendiri  akan berkesan professional dan  tidak gratisan,

Kalau trafik atau kunjungan ke alamat blog lama sudah bagus tentunya dengan mengubah ke alamat domain baru  akan mengalami penurunan yang cukup drastis , akan tetapi jangan khawatir karena  ketika ada yang masuk ke alamat blog lama, akan diredirect / diteruskan ke alamat domain baru, jadi jangan khawatir akan kehilangan pengunjung lama.

Apabila anda  ingin mengganti alamat blogspot yang anda miliki menjadi  nama domain yang anda inginkan, tentunya  anda harus membeli / tepatnya menyewa nama domain yang diinginkan tersebut  terlebih dahulu

Untuk membeli domain tidaklah sulit,  banyak penyedianya, tinggal googling aja. Cukup kita beli domainnya saja tidak perlu dengan hostingnya, karena hostingnya/penyimpan datanya akan tetap di Blogger, sangat menguntungkan karena selain gratis juga bandwidthnya tidak dibatasi , (berbeda dengan kalau sewa hosting sendiri, kita mendapatkan bandwidth sesuai dengan harga sewa yang dibayar).


Kalau kita sudah membeli/memiliki nama domain dan ingin mengubah alamat blogspot kita dengan nama domain yang kita miliki tersebut cara settingnya tidaklah sulit.

Dari penyedia Domain yang kita beli/sewa kita akan mendapatkan login untuk dapat mengakses ke Domain Registration Service untuk nama Domain kita, dimana terdapat setingan DNS (Domain Name System), yang akan mengarahkan nama domain kita supaya terhubung ke Blogger
Yang perlu disetting adalah CNAME Records dan A Records.

Buatlah  blog baru di Blogger atau buka  blog (blogspot) yang sudah ada yang akan diganti nama/alamatnya

Masuk ke menu Setting –> Basic
Pada Menu Publishing Blog address, klik  + add Custom Domain


Pada kolom Advanced setting  ketikkan nama domain anda,  kemudian klik pada Setting instruction

Dari Setting instruction ini akan diperoleh kode (IP atau nama server) untuk mengisi CName Records dan A Records yang harus diisikan ke DNS setting.
Untuk CName records ke 1 , isi settingnya adalah sama untuk setiap pengguna  yaitu : untuk Name / Label atau Host diisi dengan www , dan Destinasi / target atau point to diisi dengan ghs.google.com
Untuk CName record ke 2,  isinya atau settingan Name/label/host dan juga pada destinasi/target/points to yang diberikan berbeda untuk setiap pengguna tergantung dari nama domainnya (update blogger tgl 17/9/2012),  dimaksudkan untuk verifikasi dan security ( berbeda dengan settingan sebelumnya (sebelum tgl 17/9/2012) yang tidak memerlukan record ke 2 dalam CName records), lakukan copy paste, misalnya copas ke Notepad. untuk memudahkan entri Pada DNS Setting.
Untuk A Records diisi dengan 4 baris record yang masing-masing destinasinya diisi dengan IP blogger yaitu : 216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21, 216.239.38.21
Begitu kita klik Setting instruction maka kita akan meninggalkan halaman setting publishing, biarlah tinggalkan dulu halaman bloggernya.
Silakan masuk ke Domain Registration Service yang disediakan oleh penyedia Domain yang anda beli.
kalau anda kesulitan bisa menghubungi bagian technical supportnya.
Buat Record baru untuk  CName (yakinkan tidak ada record yang lain, hapus terlebih dahulu kalau ada) dan isi Nama/label/host (masing-masing domain service berbeda istilahnya) isi dengan www , kemudian pada target/destinasi/point to,  isi valuenya dengan ghs.google.com 
 
Buat New record untuk CName selanjutnya ( CName ke 2 )
Pada Nama/label/host dan target/destinasi/point to, isi  sesuai dengan yang didapat dari Setting Instruction tadi.(yang dicopy ke notepad )

Contoh tampilan CName Records
Kemudian buat 4 (empat ) Records baru untuk A Record  (yakinkan tidak ada record yang lain, hapus terlebih dahulu kalau ada), dan destinasi IP masing-masing A Record isi dengan IP Blogger yaitu :
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Contoh tampilan A Records
A Record berfungsi untuk meredirect kalau ada yang mengetik alamat blog tanpa www, akan diredirect secara otomatis ke www (karena blogger tidak support domain tanpa www,  istilahnya : naked domain )

 

Setelah Kita Modifikasi CNAME dan A Record. kita tinggal Login kembali ke Blogger, untuk mengganti / mengarahkan alamat blog ke alamat domain kita.
Sebelumnya yakinkan dulu kalau setting DNS sudah aktif yaitu dengan cara melakukan perintah ping dari command prompt.
lakukan ping ke alamat domain kita
contoh
dan
ping finetrick.com

Kalau sudah ada reply berarti DNS sudah aktif. teruskan masuk ke  Blogger untuk setting custom domainnya. kalau belum tunggu dulu sampai aktif. dalam keterangannya untuk aktif bisa sampai seharian, tapi umumnya tidak sampai 1 jam.

Masuk ke menu Setting –> Basic
Pada Menu Publishing Blog address klik  + add Custom Domain

Masukkan alamat Domain pada kolom yang tersedia, kemudian klik Save

Sumber: http://komputertipstrik.blogspot.com/2012/09/cara-mengganti-alamat-blogspot-memakai.html

By Indah Nur R_XIMM4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s